Top Ads

Ads

Ads Here

Rabu, 29 September 2010

Situs Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh Profesor J.a. Banes pada 1954.
Situs jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet, banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar teman mantan sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang mambuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epionions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai beberapa situs UK regional diantara tahun 1999 dan 2001. inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan penggunaan kontrol yang lebih akan isi dan hubungan.
Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360. pada bulan juli 2005 New Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friendster Reunited pada desember 2005. Hingga saat ini diperkirakan ada 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Belakngan ini banyak sekali situs jejaring sosial yang bertebaran, diantaranya yang dikenal di Indonesia seperti Friendster, Facebook, Twitter, Yahoo koprol, Pulrk, dan banyak lagi. Masing – masing situs berlomba – lomba memberikan fasilitas – fasilitas maupun fitur – fitur yang menarik banyak pengguna. Para pengguna situs – situs ini tidak hanya dari kalangan muda, tetapi dari kalangan anak – anak hingga orang dewasa. Situs ini bisa mempertemukan teman lama yang mungkin tidak pernah bertemu lagi. Selain itu situs – situs ini juga bisa diakses secara mobile sehingga para penggunanya bisa mengakses situs tersebut dimanapun dan kapanpun. Tak sedikit orang mengisi waktu luangnya dengan berbagi di situs ini. Diperkirakan dengan terus pesatnya perkembangan teknologi situs – situs jejaring social ini pun akan terus berkembang.

Tidak ada komentar :

Comments