Top Ads

Ads

Ads Here

Jumat, 21 Januari 2011

Perbaikan Komputer Pada Kasus Corrupt Hal.dll Error

Masih tentang perbaikan komputer pada kasus yang sering menyebabkan blue screen of death (BSOD). Windows Hardware Abstraction Layer (HAL), adalah file yang menyembunyikan kerumitan perangkat keras dari aplikasi Windows. Ada beberapa cara yang berbeda dimana missing or corrupt hal.dll error menampakkan kesalahan dan dalam catatan para teknisi komputer, yang paling umum adalah:
• Windows could not start because the following file is missing or corrupt: system32hal.dll. Please re-install a copy of the above file.
• System32Hal.dll missing or corrupt: Please re-install a copy of the above file.
• Cannot find WindowsSystem32hal.dll
• Cannot find hal.dll
Pesan kesalahan missing or corrupt hal.dll akan muncul ketika komputer baru saja distart beberapa detik. Windows XP tidak dapat diloading secara penuh lalu pesan kesalahan ini muncul.
Penyebab missing or corrupt hal.dll
Penyebab dari “missing or corrupt hal.dll” termasuk secara alami, sebuah hal.dll rusak, file DLL atau file hal.dll terhapus atau dipindahkan dari lokasi yang seharusnya. Penyebab tambahan termasuk juga file boot.ini rusak atau hilang atau mungkin hard drive rusak secara fisik.
Penyelesaiannya;
1. Restart PC Anda, Pesan hal.dll error bisa terjadi secara kebetulan.
2. Periksa boot order di BIOS apakah sudah tepat. Anda bisa juga melihat kesalahan hal.dll jika urutan boot di BIOS pertama berpindah sebuah hard drive lain non-bootable selain drive utama hard drive.
3. Jika Anda baru saja mengubah urutan boot atau baru-baru ini melakukan overclock BIOS Anda, ini mungkin yang menyebabkan masalah Anda.
4. Jalankan Windows XP System Restore dari command prompt. Jika ini tidak bekerja atau Anda menerima pesan kesalahan hal.dll sebelum Anda dapat menyelesaikan proses ini, lanjutkan ke langkah berikut ini.
5. Repair atau copy kembali file boot.ini. Hal ini akan bekerja jika penyebab masalah adalah file boot.ini Windows XP dan bukan file hal.dll, yang sering kali terjadi. CATATAN: Jika memperbaiki boot.ini tidak menyelesaikan masalah hal.dll tapi masalahnya muncul kembali setelah sebuah reboot dan Anda baru saja menginstal Internet Explorer 8 di Windows XP, IE8 bisa menjadi penyebab akar masalah hal.dll Anda.
6. Buat partisi baru boot sektor untuk sistem partisi Windows XP. Jika partisi boot sektor telah rusak atau tidak dikonfigurasi dengan benar, Anda mungkin menerima kesalahan hal.dll
7. Recover data dari bad sector pada hard drive Anda. Jika bagian fisik dari hard drive yang menyimpan setiap bagian dari file hal.dll telah rusak, Anda akan sering melihat kesalahan seperti ini
8. Restore file hal.dll dari Windows XP CD. Jika file hal.dll benar-benar penyebab masalah, merepair dari CD Windows XP asli dapat menyelesaikan masalah Anda.
9. Lakukan repair installation Windows XP. Jenis instalasi ini akan mengganti setiap file yang hilang atau rusak. Lanjutkan masalah jika ini tidak menyelesaikan masalah.
10. Jalankan penginstalan total Windows XP. Jenis instalasi ini benar-benar akan menghapus Windows XP dari PC Anda dan menginstal lagi dari awal. Catatan: Jika langkah ini selesai hampir pasti akan menyelesaikan segala kesalahan hal.dll, namun ini merupakan proses yang memakan waktu. PENTING : Jika Anda install total karena tidak dapat membuka windows, maka Anda harus memahami bahwa Anda akan kehilangan file-file pada drive sistem.
11. Tes hard drive. Jika semuanya telah gagal, termasuk instalasi bersih dari langkah terakhir, Anda kemungkinan besar menghadapi masalah hardware dengan hard drive Anda, tetapi Anda harus mengujinya untuk memastikan.
CATATAN LAGI; Penanganan masalah diatas hanya berlaku pada Windows XP, Windows XP Professional dan Windows XP Home Edition. Windows 7 dan Windows Vista tidak mengalami masalah ini.
Tips Cara Restore Hal.dll dari Windows XP CD
1. Anda harus Melakukan Recovery Console Dengan CD Windows XP
2. Ketika suda masuk jendela recovery console, ketik perintah berikut dan diakhiri dengan menekan [Enter]: expand d:i386hal.dl_ c:windowssystem32
3. Dalam langkah diatas drive c: dianggap sebagai drive sistem sedangkan d: dianggap sebagai drive optik CD ROM. Lakukan penyesuaian drive sesuai keadaan komputer Anda.
4. Jika Anda dikonfirmasi apakah akan meng-overwrite file, tekan huruf [ Y] pada keyboard. Tunggu hingga proses selesai.
5. Keluarkan CD Windows XP, ketik [exit] lalu tekan [Enter] untuk restart PC.
Dengan asumsi bahwa hanya file hal.dll yang hilang atau rusak yang jdai masalah Anda, Windows XP sekarang harus start normal.

Tidak ada komentar :

Comments