Top Ads

Ads

Ads Here

Sabtu, 18 Juni 2011

Perkembangan Bank Syariah

Perbankan syariah kini berkembang pesat di dunia. Berbagai faktor mempengaruhi perkembangan pesat itu. Mulai dari faktor sumber daya alam hingga perhatian pemerintah terhadap perkembangan perbankan syariah.

Menurut Ketua Majelis Umat Islam (MUI) KH. Amidhan, perbankan syariah bisa maju di dunia karena beberapa faktor. Di Eropa mereka mendirikan bank syariah karena takut kehilangan uang dari timur tengah. Untuk Asia Tenggara, perkembangan paling pesat ada di Malaysia karena ada dukungan penuh dari pemerintahnya. Sedangkan Indonesia masih belum optimal karena minim dukungan pemerintah.

“Sebenarnya MUI pernah minta ke pemerintah untuk menaruh uangnya ke bank syariah. Lalu kami pernah mencoba dengan Gerakan Ekonomi Syariah tapi hasil yang didapat memang belum signifikan,” ujarnya di acara bedah buku “Riba dan Tinjauan Kritis Perbankan Syariah di Gedung MUI Jakarta.

Lebih lanjut menurutnya yang bisa menjadi kekuatan bagi perkembagang perbankan syariah di Indonesia adalah masyarakatnya sendiri. Oleh karena itu ia menghimbau agar masyarakat beralih ke sistem ekonomi syariah salah satunya adalah kegiatan menabung di bank syariah. Dengan begitu ekonomi syariah khususnya perbankan syariah dapat maju.

“Mengikuti ekonomi syariah lebih tentram dan itu menunjukan keimanan kita. Sementara konvensional ada riba dan itu membuat tidak tenang,”tandasnya.

Tidak ada komentar :

Comments