Top Ads

Ads

Ads Here

Kamis, 07 Oktober 2010

ANGKA PENGANGGURAN DI INDONESIA

Pengangguran adalah salah satu problematic atau masalah yang cukup serius di negeri Indonesia. Dilansir dari beberapa media massa di Indonesia jumlah pengangguran tahun 2010 naik. Angka pengangguran di Indonesia tahun 2010 mencapai angka 10%, angka tersebut signifikan dibandingkan dengan angka pengangguran tahun 2009 yang mencapai angka 8.3 %. Hal ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah Indonesia khususnya DEPNAKER yang mempunyai wewenang penuh atas meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia.
Ada beberapa factor yang mempengaruhi meningkatnya angka pengangguran di Indonsesia diantaranya mayoritas pendidikan masyarakat Indonesia saat ini yang masih rendah. Tiap tahun banyak sarjana yang lulus, setiap tahun pula banyak anak sekolah yang putus sekolah lantaran tak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah mereka. Hal tersebut tentu menutup kesempatan mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Selain itu keterampilan yang kurang juga menjadi factor penting dalam mendapatkan pekerjaan.
Kita sebagai masyarakat Indonesia tentu sangat prihatin melihat ini. Ada beberapa solusi yang bisa ditempuh oleh kita masyarakat maupun pemerintah diantaranya, membebas biayakan sekolah bagi anak – anak yang kekurang biaya, membuka peluang – peluang kerja baru.

Tidak ada komentar :

Comments