Top Ads

Ads

Ads Here

Jumat, 21 Januari 2011

Tips Meningkatkan Feed Readers

Walaupun terlambat sedikit, tetapi impian saya tahun 2010 yaitu mencapai 1000 feed readers akhirnya tercapai juga. Target 1000 ini saya mulai bulan Agustus 2010 ketika jumlah feed readers waktu itu masih 500 an orang. Saya bersyukur karena itu berarti banyak yang membutuhkan kiriman artikel dari blog ini melalui email. Tetapi konsekuensinya adalah berarti konten yang saya tulis harus makin berkualitas, dan ini tidak mudah.
Apa itu feed reader? Feed reader atau sering juga disebut news aggregator adalah fasilitas yang fungsinya mengambil isi web atau blog dalam bentuk web feed. Web feed atau news feed merupakan isi situs, baik lengkap maupun berupa potongan artikel besert link menuju artikel yang lengkap. Potongan artikel ini akan dikirim kepada pelanggan setiap kali pemilik blog mengupdate artikel pada blog.

Apa manfaat feed bagi pelanggan? Mereka dengan mudah memperoleh potongan informasi artikel dari blog langganannya. Jadi dengan demikian pelanggan akan menghemat waktu untuk mencari artikel terkait. Pelanggan tinggal melihat jika feed yang datang lewat email menarik maka langsung saja klik link menuju sumbernya.
Nah jika anda blogger yang baru mulai ngeblog dan menargetkan pelanggan feed reader, berikut ini beberapa tips untuk menambah pelanggan feed readers;
1. Konten. Tentu saja setiap pelanggan menginginkan konten yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhannya. Seseorang akan memutuskan untuk berhenti berlangganan jika ternyata kualitas konten tidak dipertahankan.
2. Update artikel. Saya sendiri sering memutuskan berhenti berlangganan dari blog yang menurut saya jarang diupdate. Jarang mengupdate artikel artinya blog tidak lagi up to date.
3. Blog harus mempunyai tema yang spesifik. Pada blog q-bonk.com saya menulis bahwa setiap blog punya warna sendiri. Warna blog ini tergambar dalam tema blog. Tentu anda tidak ingin berlangganan artikel dengan blog yang temanya tidak anda pahami.
4. Focus pada tema blog. Karena blog ini temanya belajar komputer maka saya pikir 1000 pelanggan saya akan lari ketika saya tidak lagi focus pada artikel belajar komputer.
5. Mudah dipahami. Kita semua mungkin punya gaya menulis yang berbeda tetapi paling tidak bahwa secara umum tulisan kita bisa dipahami dengan baik oleh pelanggan artikel.

Tidak ada komentar :

Comments